Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk mendukung proses pembelajaran berwawasan global, tetapi dengan tanpa melupakan pengetahuan lokal, diperuntukkan terutama bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana, tetapi terbuka untuk diakses oleh siapa saja. Tampilan blog ini telah disederhanakan untuk membantu mempermudah akses bagi Anda yang kesulitan memperoleh koneksi Internet cepat. Silahkan menyampaikan komentar pada bagian bawah setiap tayangan.

Ujian Semester

Ujian semester ganjil 2013/2014 dari dosen I W. Mudita akan dilaksanakan pada Senin, 4 November2013 secara online setelah usai jam kuliah (kuliah tetap berlangsung sebagaimana biasa). Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan ujian dan soal ujian dapat diperoleh dari bagian Tatacara Ujian dan Penilaian pada halaman Smt. Ganjil 2013/2014. Materi ujian mencakup materi bahan ajar dan seluruh tulisan dalam blog ini yang berkaitan dengan materi bahan ajar yang telah disampaikan. Soal ujian sudah dapat diunduh mulai dari sekarang.

Silahkan unduh dan periksa Nilai Akhir Semester Ganjil 2013/2014.

Sabtu, 19 Oktober 2013

Parasitoid: Golongan Musuh Alami yang Unik

Print Friendly and PDF
Anda mungkin lebih sering mendengar istilah parasit dibandingkan dengan parasitoid. Tidak salah, parasitoid sebenarnya merupakan kategori parasitid yang khusus. Tapi sebelum melanjutkan, parasit itu sebenarnya apa? Dalam biologi, parasit merupakan organisme yang menumpang dan mengambil keuntungan sendiri tanpa memberikan imbalan apapun kepada organisme yang ditumpanginya. Fenomena hubungan antara parasit dengan organisme yang ditumpanginya disebut parasitisme (parasitism), dan organisme yang ditumpanginya disebut inang (host). Lalu apa beda parasitoid dengan parasit? Setelah membaca tulisan ini, silahkan lanjutkan membaca dan menyimak tulisan daftar serangga predator dan parasitoid.

Parasitoid dan inangnya merupakan mahluk hidup dalam kelompok takson kelas yang sama (khususnya serangga), sedangkan parasit dan inangnya tergolong dalam kelompok yang berbeda. Parasitoid bmemarasit inangnya selama fase tertentu dalam daur hidupnya dan tidak menunjukkan fenomena heteroesisme (heteroecism), sedangkan parasit memarasit selama beberapa fase dalam daur hidupnya atau bahkan selama hidupnya dan beberapa di antaranya menunjukkan fenomena heteroesisme. Heteroesisme merupakan fenomena di mana setiap fase pertumbuhan parasit memerlukan spesies inang yang berbeda. Parasitoid memencar secara aktif, sedangkan parasit umumnya memencar secara pasif dengan mengikuti pemencaran inang. Istilah lain yang digunakan, selain parasitoid, adalah organisme protelean.

Fase pertumbuhan parasitoid yang hidup sebagai parasit adalah fase larva, sedangkan fase dewasa hidup bebas. Sebagai parasit, larva parasitodi dapat hidup di luar tubuh inangnya (disebut ectoparasitoid) arau di dalam tubuh inangnya (disebut endoparasitoid). Bila inang yang diparasit adalag fase telur disebut parasitoid telur, bila fase larva disebut parasitoid larva, bila fase pupa disebut parasitoid pula, dan bila fase dewasa disebut parasitoid imago. Bila parasitoid dapat memarasit einang dalam beberapa fase pertumbuhan maka disebut parasitoid komninasi. Parasitoid dapat memarasit sendirian pada satu individu inang (disebut parasitoid soliter) atau banyak individu pada satu individu inang (disebut parasitoid gregarius).

Bila parasitoid meletakkan telur pada inang tanpa menunggu ada parasitoid lain meletakkan telur terlebih dahulu maka parasitoid tersebut dinamakan parasitoid primer. Bila telur parasitoid baru menetas setelah parasitoid lain meletakkan telur pada inang yang sama maka disebut parasitoid sekunder. Fenomena di mana satu individu inang yang sudah diparasit masih dapat diparasit oleh parasitoid lain disebut parasitisme berganda. Parasitisme berganda yang terjadi bila satu individu inang diparasit oleh spesies parasitoid yang berbeda disebut kleptoparasitisme. Hiperparasitisme merupakan fenomena di mana parasitoid memarasit parasitoid lain. Hoperparasitisme terjadi secara langsung (parasitoid memarasiti parasitoid lain dalam keadaan sedang memarasiy maupun sedang hidup bebas) maupun secara tidak langsung (dua parasitoid meletakkan telur pada inang, telur parasioid yang menetas kemudian memarasit parasit dari telur yang menetas terlebih dahulu). Hiperparasitoid yang memarasit parasitoid dalam fase sebagai parasitoid maupun hidup bebas disebut hiperparasitoid fakultatif, bila hanya memarasit pada fase sebagai parasitoid sisebut parasitoid onligat. Hiperparasitisme terjadi pada satu spesies parasitoid yang sama disebut autoparasitisme (biasanya jantan memarasit betina).


Organisme yang tergolong sebagai musuh alami golongan parasitoid merupakan organisme golongan serangga, sebagian besar dari ordo Hymenoptera, terutama dari kelompok yang dikenal sebagai "Parasitica" dalam subordo Apocrita. Dalam subordo ini, superfamili dan famili yang mempunyai anggota parasitoid adalah superfamili Chalcidoidea, Ichneumonoidea, Proctotrupoidea, dan Platygastroidea. Dalam subordo Apocrita, superfamili bukan anggota Parasitica yang mempunyai anggota parasitoid adalah Chrysidoidea and Vespoidea. Selain itu, anggota subordo lainnya, yaitu subordo Symphyta, yang juga mempunyai anggota parasitoid adalah famili Orussidae.

Ordo Hymenoptera: Karakteristik UmumKlasifikasi Mutakhir
Suborder Apocrita
(unranked) Parasitica
Superfamily Chalcidoidea
Family Aphelinidae
Family Encyrtidae
Family Eucharitidae
Family Eulophidae
Family Eupelmidae
Family Leucospidae
Family Mymaridae (fairyflies) - the smallest of all insects
Family Ormyridae
Family Perilampidae
Family Pteromalidae
Family Rotoitidae
Family Torymidae
Superfamily Ichneumonoidea
Family Braconidae
Superfamily Platygastroidea
Family Scelionidae
Superfamily Proctotrupoidea
Family Austroniidae
Family Diapriidae
Family Heloridae
Family Maamingidae
Family Monomachidae
Family Pelecinidae
Family Peradeniidae
Family Roproniidae
Family Vanhorniidae
(unranked) Non-Parasitica
Superfamily Chrysidoidea
Family Bethylidae,
Family Chrysididae,
Family Dryinidae (parasitoid pada Hymenoptera lain)
Family Embolemidae (parasitoid pada Hymenoptera lain)
Family Plumariidae,
Family Sclerogibbidae (ektoparasitoid)
Family Scolebythidae). 
Superfamily Vespoidea
Family Rhopalosomatidae, rhopalosomatid wasps
Family Sapygidae, sapygid wasps
Family Sierolomorphidae, sierolomorphid wasps
Family Tiphiidae, tiphiid wasps
Family Vespidae, paper wasps and relatives
Suborder Symphyta
Superfamily Orussoidea
Family Orussidae (parasitic wood wasps)
Order Diptera
Seluruh atau sebagian besar anggotanya merupakan parasitoid
Family Nemestrinidae
Suborder Brachycera
Infraorder Asilomorpha
Superfamily Asiloidea
Family Bombyliidae
Infraorder Muscomorpha
Superfamily Syrphoidea
Family Pipunculidae
Superfamily Tephritoidea
Family Pyrgotidae
Superfamily Conopoidea
Family Conopidae
Superfamily Oestroidea
Family Tachinidae

Family Cryptochaetidae
Sebagian kecil anggotanya merupakan parasitoid, selebihnya sebagian besar merupakan predator
Suborder Brachycera
Infraoder Asilomorpha
Superfamily Nemestrinoidea
Family Acroceridae

Family Sciomyzidae
Family Dryomyzidae
Family Rhinophoridae
Sebagian kecil anggotanya merupakan parasitoid, selebihnya juga bukan merupakan predator
Family Cecidomyiidae
Family Phoridae
Family Sarcophagidae
Family Calliphoridae
Family Chloropidae
Famili yang sangat jarang dan mempunyai anggota sebagai parasitoid
Family Mycetophilidae, beberapa spesies pada planarians
Family Asilidae, berapa spesies pada larva kumbang scarab
Family Empididae, beberapa spesies pada pula Trichoptera
Family Phaeomyiidae, pada kaki seribu
Family Muscidae, pada kaki seribu
Stylopidia
Family Bahiaxenidae
Mengenillidia
Family Stylopidae
Family Corioxenidae
Family Elenchidae
Order Coleoptera
Family Ripiphoridae
Family Rhipiceridae,
Family Staphylinidae (rove beetles of the genus Aleochara)
Silahkan klik tautan untuk memperoleh uraian setiap famili lebih lanjut.

Parasitoid merupakan golongan musuh alami kategori khusus karena menyerupai parasit tetapi sebenarnya bukan. Dari caranya mengkonsumsi inang mirip dengan cara yang dilakukan predator, tetapi juga sebenarnya bukan predator. Untuk memahami lebih lanjut seperti apa cara parasitoid membunuh inangnya, silahkan saksikan video berikut ini.





Tautan Luar
Taksonomi Hymenoptera Arika dan Madagaskar dari WaspWeb
Hymenoptera pada HymAToL

12 komentar:

  1. banyak serangga Suborder Apocrita yang dapat digunakan sebagai parasitoid untuk itu parasitod dapat .
    digunakan sebagai agen hayati karena Parasitoid memarasit inangnya selama fase tertentu dalam daur hidupnya dan tidak menunjukkan fenomena heteroesisme

    BalasHapus
  2. rganisme yang tergolong sebagai musuh alami golongan parasitoid merupakan organisme golongan serangga, sebagian besar dari ordo Hymenoptera, terutama dari kelompok yang dikenal sebagai "Parasitica" dalam subordo Apocrita. - oleh karena itu, banyak serangga yang dapat bermanfaat sebagai musuh alami bagi OPT.

    BalasHapus
  3. Parasitoid merupakan musuh alami yang unik karena parasitoid memencar secara aktif. Fase pertumbuhan parasitoid yang hidup sebagai parasit adalah fase larva, sedangkan fase dewasa hidup bebas. Bila inang yang diparasit adalah fase telur disebut parasitoid telur, bila fase larva disebut parasitoid larva, bila fase pupa disebut parasitoid pula, dan bila fase dewasa disebut parasitoid imago. Organisme golongan serangga termasuk dalam golongan parasitoid.

    BalasHapus
  4. Parasitoid dan inangnya merupakan mahluk hidup dalam kelompok takson kelas yang sama (khususnya serangga), sedangkan parasit dan inangnya tergolong dalam kelompok yang berbeda. Parasitoid memarasit inangnya selama fase tertentu dalam daur hidupnya, sedangkan parasit memarasit selama beberapa fase dalam daur hidupnya atau bahkan selama hidupnya dan beberapa di antaranya menunjukkan fenomena heteroesisme. Heteroesisme merupakan fenomena di mana setiap fase pertumbuhan parasit memerlukan spesies inang yang berbeda. Parasitoid memencar secara aktif, sedangkan parasit umumnya memencar secara pasif dengan mengikuti pemencaran inang.
    Organisme yang tergolong sebagai musuh alami golongan parasitoid merupakan organisme golongan serangga, sebagian besar dari ordo Hymenoptera, terutama dari kelompok yang dikenal sebagai "Parasitica"

    BalasHapus
  5. parasitoid dapat diartikan sebagai serangga yang hidup menumpang pada serangga lain dan dapat menyebabakan kematian pada serangga inangnya. Pada umumnya parasitoid adalah anggota ordo hemynoptera dan dipteral. Parasitoid dapat berkembang dan menyerang dalam berbagai fase hidup serangga hama (inagnya). Misalnya ada parasitoid telur, larva, nympha, kepompong dan serangga dewasa. Trichogramma (ordo hemynoptera) adalah salah satu contoh parasitoid telur hama pengerek batang padi.

    BalasHapus
  6. Jenis-jenis serangga dari suborder Apocrita maupun dari suborder symphyta dari golongan parasitoid dapat digunakan sebagai agen hayati yaitu karena parasitoid dapat memarasit inangnya selama fase tertentu dalam daur hidupnya dan tidak menunjukkan fenomena heteroesisme (heteroecism).

    BalasHapus
  7. parasitoid: golongan musuh alami yang unik
    ada banyak serangga suborder apocrita yang dapat dijadikan sebagai parasitoid untuk itu parasitod dapat difungsikan sebagai agen pengdalian hayati karena parasitoid memarasit inangnya selama fase-fase tertentu dalam daur hidupnya sehingga tidak menunjukkan perubahan yang terjadi.

    BalasHapus
  8. parasitoid dapat digunakan sebagai agen pengendali hayati yang cukup efektif sebab merupakan pengendali yang unik
    oleh karena fase pertumbuhan parasitoid yang hidup sebagai parasit adalah fase larva, sedangkan fase dewasa hidup bebas. Sebagai parasit, larva parasitodi dapat hidup di luar tubuh inangnya (disebut ectoparasitoid) arau di dalam tubuh inangnya (disebut endoparasitoid)

    BalasHapus
  9. parasit merupakan organisme yang menumpang dan mengambil keuntungan sendiri tanpa memberikan imbalan apapun kepada organisme yang ditumpanginya. Parasitoid merupakan musuh alami yang unik karena parasitoid memencar secara aktif. Fase pertumbuhan parasitoid yang hidup sebagai parasit adalah fase larva, sedangkan fase dewasa hidup bebas.

    BalasHapus
  10. parasit merupakan organisme yang menumpang dan mengambil keuntungan sendiri kepada organisme yang ditumpanginya. Parasitoid dan inangnya merupakan mahluk hidup dalam kelompok takson kelas yang sama (khususnya serangga), sedangkan parasit dan inangnya tergolong dalam kelompok yang berbeda. Fase pertumbuhan parasitoid yang hidup sebagai parasit adalah fase larva, sedangkan fase dewasa hidup bebas

    BalasHapus
  11. ada kemungkinankah parasitoid menyerang dalam satu inang terdapat sejumlah parasitoid yang berbeda..menyebabkan situasi tertentu bagi parsitoid yang memarasit inang tersebut....maksudnya persaingan tertentu...dan apa itu fenomena heterosisme

    BalasHapus
  12. Parasitoid adalah golongan musuh yang alami karena parasitoid merupakan organisme yang dapat membunuh OPT. parasitoid juga memencar secara aktif, sedangkan parasit umumnya memencar secara pasif dengan mengikuti pemencaran inang. Istilah lain yang digunakan, selain parasitoid, adalah organisme protelean.

    BalasHapus