Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk mendukung proses pembelajaran berwawasan global, tetapi dengan tanpa melupakan pengetahuan lokal, diperuntukkan terutama bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana, tetapi terbuka untuk diakses oleh siapa saja. Tampilan blog ini telah disederhanakan untuk membantu mempermudah akses bagi Anda yang kesulitan memperoleh koneksi Internet cepat. Silahkan menyampaikan komentar pada bagian bawah setiap tayangan.

Ujian Semester

Ujian semester ganjil 2013/2014 dari dosen I W. Mudita akan dilaksanakan pada Senin, 4 November2013 secara online setelah usai jam kuliah (kuliah tetap berlangsung sebagaimana biasa). Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan ujian dan soal ujian dapat diperoleh dari bagian Tatacara Ujian dan Penilaian pada halaman Smt. Ganjil 2013/2014. Materi ujian mencakup materi bahan ajar dan seluruh tulisan dalam blog ini yang berkaitan dengan materi bahan ajar yang telah disampaikan. Soal ujian sudah dapat diunduh mulai dari sekarang.

Silahkan unduh dan periksa Nilai Akhir Semester Ganjil 2013/2014.

Smt. Ganjil 2013/2014

Print Friendly and PDF
Kuliah Pengendalian Hayati
Semester Ganjil Tahun 2013/2014

Selamat datang mahasiswa peserta kuliah Pengendalian semester ganjil tahun 2013/2014. Matakuliah ini disampaikan dengan dukungan blog dan teknologi informasi mutakhir. Silahkan persiapkan diri Anda untuk untuk hal-hal sebagai berikut:
  • Berselancar di Internet dengan menggunakan peramban (browser) (Mozilla FirefoxGoogle Chrome, atau Safari) dan mesin pencari (Google atau mesin pencari lain). Bila Anda belum pernah berselancar di Internet, silahkan baca tulisan Belajar Menggunakan Internet di Warnet. Setelah membuka peramban, silahkan ketik http://muditaph.blogspot.com pada kotak URL (Universal Resource Locator) atau mengetik "pengendalianhayati" pada kotak pencarian untuk mengakses blog ini.
  • Berkomunikasi menggunakan akun email sendiri, sebaiknya gunakan Gmail. Bila Anda belum mempunyai akun Gmail, silahkan pelajari panduannya dan segera buat. Dengan membuka akun Gmail, Anda akan memperoleh akses ke seluruh layanan Google lainnya (a.l. Google Drive dan Picasa Web).
  • Menggunakan akun penyimpanan file secara online yang disediakan oleh Google, yaitu Google Drive untuk menyimpan dokumen dan berbagi file atau Picasa Web untuk menyimpan dan berbagi foto. Anda juga bisa menggunakan layanan penyimpanan dan berbagi file online DropboxBoxMediafire, atau layanan lainnya. Silahkan mendaftar pada salah satu layanan sekarang juga.
  • Memanfaatkan berbagai sarana pembelajaran dengan dukungan Internet. Silahkan klik tautan (link) yang disediakan pada tulisan dan periksa apa yang dapat dilakukan dengan menggunakan setiap layanan yang tersedia.
  • Menggunakan komputer, khususnya mengetik dengan menggunakan Word. Bila Anda hanya bisa mengetik dengan komputer seperti mengetik menggunakan mesin tik, silahkan pelajari cara mengetik menggunakan Word dengan benar.

Sebelum melanjutkan, silahkan terlebih dahulu bergabung di blog ini dengan mengklik Join this site pada gadget/widget Mari Bergabung. Silahkan kunjungi blog ini secara rutin karena segala sesuatu yang berkaitan dengan perkuliahan akan dikomunikasikan melalui blog. Setelah membaca tayangan tulisan dalam blog ini, harap biasakan memberikan komentar di bawah setiap tulisan. Bila Anda mengalami kesulitan dalam berinteraksi secara online, silahkan menghubungi dosen pengampu dengan mengklik Hubungi Kami untuk menyampaikan kesulitan yang dihadapi.

Pada setiap hari kuliah, Anda harus sudah berada di dalam ruang kuliah pada jam kuliah yang ditetapkan. Silahkan persiapkan diri datang ke ruang kuliah untuk berdiskusi, bukan untuk datang, duduk, dan dengar. Segera periksa:

Dosen Pengampu

Tempat, Hari, dan Jam Kuliah
Kuliah: Senin, 9.45-11.25 WITA, Ruang B3, harap hadir tepat waktu. Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak akan diperkenankan mengikuti kuliah.
Praktikum: sesuai dengan jadwal.


Perkuliahan dengan Dukungan Blog
Kuliah diberikan dengan dukungan blog agar mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas pembelajaran dengan dukungan Internet. Untuk berinteraksi dengan dosen pengampu, setiap mahasiswa harus menggunakan email sendiri dengan nama sebenarnya (bukan menggunakan email teman atau email dengan nama samaran). Mahasiswa yang belum mempunyai akun email sendiri atau mempunyai akun email tetapi menggunakan nama samaran, silahkan membuat akun Gmail (panduan). Mahasiswa yang telah mempunyai akun email sendiri dengan nama sebenarnya tetapi bukan Gmail, harap selalu mengosongkan Mailbox/Inbox sehingga bisa menerima email dengan lampiran (attachment). Bila diminta untuk mengumpulkan tugas atau jawaban ujian melalui email, kirimkan sebagai lampiran, bukan langsung dituliskan atau ditempel (paste) pada kotak pesan (message box). Tidak ada alasan mahasiswa tidak mengumpulkan tugas atau jawaban ujian hanya karena tidak bisa mengirimkan melalui email.

Mahasiswa dapat menghubungi dosen pengampu setiap saat menggunakan email dengan mengklik Hubungi Kami. Untuk meminta sandi, silahkan tuliskan nama lengkap, NIM, dan nama matakuliah (misalnya Dasar-dasar Perlindungan Tanaman disingkat DPT). Untuk mengirimkan tugas dan jawaban ujian, akan diberikan akun email lain yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan yang disertai dengan lampiran (attachment). Jangan pernah mengirimkan tugas atau jawaban ujian dengan cara menempelkan (paste) pada kotak pesan (message box).

Tatacara Perkuliahan
Mahasiswa harus mengikuti kuliah minimal sebanyak 80% dari seluruh jumlah pertemuan tatap muka perkuliahan yang direncanakan berjumlah 16 kali pertemuan tatap muka. Mahasiswa yang mengikuti kuliah kurang dari 80% pertemuan tatap muka tidak akan memperoleh nilai akhir semester. Mahasiswa harus sudah berada di dalam ruang kuliah pada jam kuliah kuliah/praktikum yang telah ditetapkan. Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak akan diperkenankan mengikuti perkuliahan/praktikum.

Perkuliahan dijadwalkan satu kali dalam satu minggu. Bila karena sesuatu hal ada dosen berhalangan hadir pada hari/jam yang dijadwalkan, dosen dapat mengalihkan perkuliahan ke hari hari/jam lain dengan terlebih dahulu menyepakati dengan mahasiswa. Dosen tidak dibenarkan meminta mahasiswa untuk menandatangani daftar hadir lebih dari satu kali dalam satu hari/jam kuliah. Bila ada dosen yang melakukan hal ini, silahkan melaporkan kepada koordinator matakuliah.

Perkuliahan dilaksanakan oleh setiap dosen sesuai dengan Silabus dan RKPS matakuliah dengan merujuk kepada bahan ajar yang telah tersedia. Dosen dapat memperkaya materi perkuliahan, tetapi tidak untuk mengubah Silabus dan RKPS. Mahasiswa wajib memeriksa Silabus dan RKPS matakuliah dan menyampaikan kepada dosen koordinator matakuliah bila ada dosen yang memberikan kuliah dengan materi yang menyimpang dari atau tidak sesuai dengan Silabus dan RKPS.

Dalam mengerjakan tugas, membuat laporan praktikum, menjawab ujian, dan menjawab ujian praktikum, mahasiswa tidak dibenarkan menjiplak pekerjaan teman atau menjiplak dari buku maupun dari sumber-sumber apapun juga yang diperoleh melalui Internet. Bila menggunakan sumber-sumber kepustakaan, mahasiswa harus merujuk pustaka yang digunakan dan menyertakannya dalam daftar pustaka. Mahasiswa yang diketahui melakukan penjiplakan dikategorikan sebagai melakukan plagiarisme dan akan diberikan sanksi pengurangan nilai sampai pada pemberian nilai 0, bergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan.

Perujukan pustaka dan penyusunan daftar pustaka dilakukan dengan menggunakan gaya APA Edisi 6 (Panduan). Perujukan pustaka dan pembuatan daftar pustaka dapat dilakukan secara manual, tetapi akan diberikan nilai bonus bila mahasiswa melakukan secara otomatis dengan menggunakan program pengelolaan pustaka Zotero. Silahkan unduh program berdiri sendiri untuk WindowsMac OS XLinux i686, atau Linux x86_64 serta ekstensi untuk peramban Mozilla FirefoxGoogle Chrome, atau Safari. Untuk menggunakan Zotero, program berdiri sendiri dan ekstensi harus diinstalasi ke komputer sesuai dengan sistem operasi dan jenis peramban yang digunakan. Bila belum pernah menggunakan Zotero, silahkan pelajari cara menggunakannya mulai dari sekarang juga.

Tatacara Ujian dan Penilaian
Soal ujian dapat diunduh dalam format DOC (Office 2003 atau lebih lama) dari SINI dan dengan format DOCX (Office 2007 atau lebih baru) dari SINI pada hari dan tanggal ujian (link telah dihapus karena sudah lewat tanggal ujian). Kirim jawaban ujian dalam bentuk file dalam format PDF dengan nama file: ph_JWBujian_2013^2014^1_namadepannamabelakang (namadepan=kata pertama dalam nama Anda, namabelakang=kata terakhir dalam nama Anda) sebagai lampiran (attachment) ke alamat email yang disertakan pada lembar soal ujian. Daftar nama mahasiswa yang telah mengumpulkan jawaban sampai pada pukul 21.00 dapat diperiksa dalam waktu selambat-lambatnya 3 hari setelah tanggal ujian. Silahkan kunjungi blog kembali setiap saat untuk mencek apakah nama Anda sudah terdapat dalam daftar. Pelajari cara membuat file dalam format PDF dan cara mengirim file sebagai attachment mulai dari sekarang. Jawaban yang dikirim: (1) tidak dari akun email milik sendiri, (2) tidak dalam format PDF, (3) tidak dengan nama file yang sesuai dengan petunjuk, dan (4) tidak dikirim sebagai lampiran email AKAN TIDAK DIPERIKSA. Mahasiswa yang telah mengumpulkan file jawaban ujian sampai pada Kamis, 7 November 2013, adalah sebagai berikut (klik untuk memperbesar atau untuk mengunduh):
Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire
Dari mahasiswa yang telah mengumpulkan file jawaban ujian, belum seluruhnya mengumpulkan file dalam format PDF. Silahkan periksa email masing-masing untuk menerima peringatan bahwa Anda masih harus mengumpulkan file dalam format PDF. Kepada mahasiswa yang tidak mengumpulkan file jawaban akan diberikan nilai ujian tengah semester 0.

Untuk membuat file dengan format PDF dari file dengan format DOCX, silahkan unduh Microsoft Office Add-in: Microsoft Save as PDF or XPS (gratis) dan pasang (instalasi) pada komputer Anda. Setelah add-in terpasang, Anda dapat menyimpan file dalam Word (versi 2007) dengan mengklik logo office, kemudian pilih Save as dan kemudian pada lotak Save as type, pilih PDF. Sebagai alternatif, Anda juga dapat mengunduh dan memasang 7-PDF Printer untuk mencetak file menjadi PDF atau 7-PDF Maker untuk mengubah file menjadi PDF, keduanya gratis. Pelajari cara membuat file PDF sekarang juga, jangan menunggu sampai pada saat ujian.

Ujian terdiri atas ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian praktikum. Ujian tengah semester dan akhir semester akan dilakukan dengan mengirimkan jawaban ujian melalui email dengan menggunakan akun email milik sendiri. Mahasiswa yang tidak mengirimkan tugas atau jawaban ujian atau yang terlambat mengirimkan tugas atau jawaban dari tanggal yang telah ditentukan akan diberi nilai 0. Nilai akhir semester terdiri atas nilai tugas, nilai ujian tengah semester, nilai ujian akhir semester, laporan praktikum, dan ujian praktikum.

Nilai ujian dan/atau nilai akhir semester akan diumumkan terlebih dahulu melalui blog berupa nilai sementara. Mahasiswa akan diberikan waktu satu minggu untuk mengajukan keberatan melalui pesan singkat atau email terhadap nilai sementara yang telah diumumkan. Pengajuan keberatan harus disertai dengan bukti-bukti pendukung, misalnya print out Sent Mail dari akun email sendiri untuk menunjukkan bahwa mahasiswa telah mengirimkan tugas atau jawaban ujian. Mahasiswa yang mengajukan keberatan tanpa disertai dengan bukti-bukti pendukung atau mengajukan keberatan setelah batas waktu pengajuan keberatan tidak akan dilayani. Silahkan tetap mengunjungi blog ini setelah ujian tengah semester sampai setelah ujian akhir semester.

Kesepakatan Perkuliahan
Mahasiswa harus menandatangani formulir Kesepakatan Perkuliahan sebelum mengikuti perkuliahan. Silahkan unduh formulir kesepakatan dari SINI (menyusul), isi dan tandatangani, cetak dan serahkan kepada dosen pengasuh selambat-lambatnya pada 30 September 2013. Mahasiswa yang tidak menandatangani dan mengumpulkan formulir Kesepakatan Perkuliahan tidak akan memperoleh nilai akhir semester.

Lain-lain
Semua mahasiswa peserta kuliah diasumsikan telah membaca dan memahami seluruh ketentuan yang disampaikan pada halaman ini. Bila Anda mengalami kesulitan, silahkan tanyakan melalui kotak komentar di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar